Saturday 7 May 2016

Selain Bebek Sinjay, Anda Harus Coba Kuliner Bebek Satu Ini Bila Ke Bangkalan!

*****
Nama vendor : Nasi Bebek Janteh
Alamat : Jl. Raya Burneh (Depan Kantor Kecamatan Burneh)
Harga : sekitar 13-15rb-an/porsi
Warung Nasi Bebek Janteh Tampak Depan

Mungkin ini pertama kali saya sematkan bintang 5 dalam review kuliner saya. Biasanya meskipun rasa makanan maknyos, paling mentok, saya kasih bintang 4, entah karena pelayanan kurang oke, tempatnya kurang nyaman dan lain-lain, dan sebagainya. Tetapi karena kuliner ini adalah kuliner favorit saya sepanjang masa (sejak masih SD), dan rasanya tidak pernah berubah, tetap maknyos dan selalu dirindukan, jadilah saya menyematkan bintang teratas. Dengan kata lain, penilaian kali ini agak2 subjektif ya. Hihi. Tetapi saya tetap akan coba menjelaskan secara lengkap seperti review kuliner saya lainnya.
Oke, pertama saya katakan ini adalah kuliner bebek yang jauh kalah pamor dibanding Bebek Sinjay di Bangkalan. Tetapi (buat saya) nasi bebek disini tidak ada duanya. Fyi, nama Janteh itu sendiri adalah salah satu nama daerah di Kwanyar, Bangkalan, tetapi saya belum tau pasti apakah masakan ini memang berasal dari daerah itu atau tidak. Penyajian nasi bebek janteh ini mungkin tidak biasa anda lihat dalam penyajian kuliner bebek Madura pada umumnya, yang biasanya digoreng, lalu dinikmati dengan nasi putih, serundeng, sambal dan sedikit lalapan.
Nasi Bebek Janteh

Setiap satu porsinya, kita akan mendapatkan dua piring. Satu piring berisi bebek dengan kecap yang diracik spesial, dan sedikit potongan ketimun (kebiasaan orang madura yang tidak terlalu menyukai lalapan, membuat sajian lalapannya sangat miniimm). Satu piring lagi berisi nasi lengkap dengan bumbu rempah rahasia dan sambal.
Bebek dengan bumbu kecap racikan rahasia

Bumbu rempah rahasia & sambal yang maknyus😁😂

Bumbu rempah yang entah berisi apa saja ini, (yang begitu dominan rasa jahe. saya pernah eksperimen mengira2 bahannya dan mencoba membuat, tetapi selalu gagal. hahaha) yang membuat olahan bebek janteh istimewa. Dipadukan dengan sambal yang pedasnya mantap dan racikan kecap, sungguh rasanya maknyos bin top markotop😂
Ada paduan rasa asin dan gurih dari bumbu rempah, manis dari kecap dan pedas dari sambal.
Selain itu, keistimewaan juga terdapat dalam bebeknya sendiri. Dagingnya empuk di dalam, dan garing di luar. Saking garingnya, bahkan sampai tulangnya saja bisa dimakan.
Sayangnya, dalam satu porsi yang hanya dibandrol sekitar 13-15rb/porsi ini (saya tidak tahu pastinya, karena harganya naik dibanding dulu), kita hanya mendapat potongan bebek yang sangat kecil. Saya saja sering nambah, apalagi yang terbiasa makan dengan porsi besar, mungkin baru kenyang setelah menghabiskan dua porsi nasi. Anda bisa minta tambah nasi, dan akan diberikan lengkap dengan bumbu rempah dan sambal.
Di warung tenda ini, selain menyediakan bebek, juga ada burung dara. Namun menurut saya, bumbu rempah2nya lebih cocok disandingkan dengan bebek. Sehingga bila berkunjung kemari, saya rekomendasikan anda untuk memesan bebek saja😁
Terakhir ke tempat ini, saya memesan empat porsi nasi bebek, dua teh hangat dan sebungkus krupuk, menghabiskan total 60rb. Sepertinya harga krupuk tidak dihitung dengan ibu penjual, makluumm saya pelanggan setia. Ibu itu sudah sangat mengenali saya. Mestinya bukan cuma krupuk, tapi juga digratisin satu porsi yak. Hahaha.
Tampang kekenyangan misua😂😂

Untuk tempat, karena ini warung tenda yang ukurannya tidak begitu besar, mungkin memang lebih nyaman bila dibungkus untuk dimakan di rumah.
Yah... meskipun tempat ini tidak sepopuler Bebek Sinjay, namun sudah memiliki pelanggan sendiri. Biasanya, warung ini agak ramai pada jam makan malam.
Bagaimana anda penasaran dengan rasanya? Warung ini bisa dikunjungi pada pukul lima sore ke atas. Bila dari suramadu, anda bisa menuju arah bangkalan. Lalu berhenti di daerah burneh tepatnya di embong mereng (bila kesulitan, anda bisa bertanya penduduk sekitar, karena jalan ini sangat terkenal). Lalu anda cari saja warung tenda yang bertuliskan Nasi Bebek Janteh. Anda akan menemukan seorang ibu cantik yang mengenakan tudung kepala khas ibu2 dari madura.
Ibu pemilik warung yang sadar kamera😂✌

So, selamat berkuliner. Tetap senang, tetap sehat, tetap semangat.

Salam enak,
RinKart

1 comment:

  1. T-Shirts with 3 - titanium helix earrings
    T-Shirts microtouch titanium trim with 3 - titanium helix earrings. $21.95 USD (normal shipping). T-Shirts ridge wallet titanium with 3. - titanium helix earrings. $21.95 babyliss nano titanium flat iron USD (normal titanium trimmer shipping). T-Shirts with 3. - titanium damascus titanium helix earrings.

    ReplyDelete