Tuesday 31 May 2016

Kuliner Madura di Malang : Nasi Cumi Hitam Enak

⭐⭐⭐
Nama vendor : Nasi Cumi Hitam Pak Kris /Cumi Nyaman Malang
Alamat : Jl. Galunggung 67J, Malang (Perempatan Galunggung).
Harga : mulai 17.000,-
Depot Sederhana Nasi Cumi Hitam Pak Kris

Vendor ini mengusung kuliner madura dari sajian mereka, yaitu cumi dengan saos hitam. Selama ini kita hanya mengenal Sate, Soto atau belakangan kuliner bebek yang populer sebagai kuliner khas Madura. Nah, vendor ini rupanya mengangkat kuliner madura yang belum banyak dikenal masyarakat. Masakan cumi bumbu hitam khas Madura ini tentu saja memiliki cita rasa yang luar biasa. Maka dari itu, begitu mendengar keberadaan vendor ini, saya penasaran ingin mencobanya.
Saat berkunjung ke depot sederhana yang terletak di dekat perempatan Galunggung ini, saya mendapat sambutan yang lumayan ramah. Saya pun langsung memesan satu porsi nasi cumi biasa seharga 17 ribu, satu porsi nasi cumi pedas seharga 20 ribu dan dua gelas es teh berukuran besar.
Awalnya saya agak sedikit ragu melihat sepinya depot. Saat itu hanya ada saya dan satu pengunjung lain. Biasa laahh... Dalam dunia kuliner, jumlah pengunjung bisa mengindikasikan rasaπŸ˜‚
Tetapi setelah pesanan saya datang, saya dibuat sedikit kaget. Saya pikir menu nasi cumi, hanya nasi putih dan cumi. Tetapi rupanya disajikan serupa dengan nasi campur khas Madura. Ada nasi putih, cumi bumbi hitam bersama-sama dengan mie, serundeng, sambal dan rempeyek udang.
Penampakannya begitu menggoda. Cumi berukuran besar dan saos hitamnya sangat pekat.

Ukuran cumi besar, empuk dan tidak amis

Nasi Cumi Hitam

Menikmati gigitan pertama cumi, saya pikir rasanya istimewa. Bumbu terasa pas, cara pengolahan yang apik sehingga daging tidak alot dan tidak berbau amis. Ketika saya nikmati bersamaan dengan mie, serundeng dan sambal, rupanya perpaduannya sangat pas. Sambal yang disajikan adalah sambal khas madura (cabe, bawang dan sedikit terasi), yang pedasnya pas. Ditambah lagi, rempeyek udang yang gurih dan renyah.

Sambal Khas Madura dan Rempeyek Udang 

Hanya saja, yang sedikit membuat kecewa, saya memesan nasi cumi hitam pedas (harga selisih 3 ribu dari yang biasa) tetapi entah kenapa saya tidak merasakan perbedaan dengan yang biasa, alias pedasnya tidak terasa.
Padahal saya pikir rasanya akan jauh lebih nikmat, bila bumbunya pedas. Sluurrppp... #lapiler πŸ˜‚
Masalah harga, saya pikir harga yang dipatok sesuai dengan sajian. Tau sendiri lah, harga cumi gak murah... πŸ˜‚
Untuk tempat, sangat bersih. Fyi, ada pelayan yang memang khusus membersihkan meja kotor. Jadi, setiap pengunjung pulang, meja dengan sigap dibersihkan.
Keadaan Depot Yang Sangat Bersih

Untuk pelayanan, menurut saya lumayan oke. Kita tidak perlu menunggu lama sampai pesanan datang. Owner yang langsung melayani pelanggan pun terlihat luwes. Btw, saya nggak tahu yg namanya Pak Kris, tapi sepertinya yang mengurus pesanan langsung si owner (entah dia Pak Kris, anaknya Pak Kris, cucunya atau tetangganya) πŸ˜‚
Sekian review dari saya kali ini,jangan lupa tetap senang, tetap sehat, tetap semangat!

Salam,
RinKart.

Update 20 Juli 2016
Saya agak kaget ternyata postingan ini dibaca sama ownernya dan karena itu pula saya dikasih gratis satu porsi cumi menu lengkap. Widiiww... Sebenarnya gratisannya bisa diantar ke rumah, tapi saya sendiri yang mau makan di tempat, sekalian ketemu sama yang namanya Pak Kris. Dan inilah penampakan Pak Kris pemirsah


Wajahnya nggak mau hadap kamera, takut banyak yang naksir katanya. ROTFL. Terjawab sudah sosok Pak Kris. Case Closed yaa LOL

1 comment:

  1. Rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
    • Sate Kelinci
    • Jagung & Pisang Bakar
    • Aneka sambal & masakan tradisional khas Jawa lainnya.
    Rasanya extra kuat, tapi harganya relatif murah.
    Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

    Warung Khas Batu
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, Jawa Timur 65314 (Jatim Park 1 - Museum Angkut)
    Tel / Fax : +62 341 592955
    HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899
    BBM : 7D8DEB8C
    www.TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
    www.Facebook.com/WarungKhasBatu

    NB : blogger / pengulas / reviewer / tour guide kami undang test food GRATIS !

    ReplyDelete