Monday 2 January 2017

Berburu Kuliner Madura di Malang

⭐⭐⭐⭐
Nama vendor : Nyaman Onggu
Alamat : Jl. Bendungan Sutami no.55 Malang
Halooo... Sebelumnya saya mau minta maaf, karena lumayan lama nggak ngepost, karena mood yang tetiba ngilang entah kemana. Maklum anak gadis yang labil. #plak :D
Dan di awal tahun 2017 ini, sekalian saya mengucapkan Selamat Tahun Baru!
Semoga semua yang baik-baik tercurah pada anda dan saya tentunya. LOL.
Oke, back to topic!
Nyaman Onggu menjadi vendor pembuka yang akan saya review di awal tahun 2017 ini.
Jadi, ini adalah warung sederhana di pinggir jalan (bukan tengah jalan), yang menyediakan menu makanan serba khas Madura.
Sayapun datang ke sini bukan disengaja. Awalnya mau makan ke rumah makan Padang sebelahnya (sudah pernah saya review), namun karena tutup, tempat ini menjadi pelampiasan kelaparan saya. Halah.
Fyi, saya besar di Madura, jadi sedikit banyak, akrab dengan menu-menu yang dijual di sini dan otomatis sebelum mencicipi saya sudah memiliki ekspektasi rasa sendiri dalam benak saya.
Sebelumnya, saya tunjukkan varian menu di warung ini :

Menu di Warung Nyaman Onggu
Dalam kesempatan itu, saya memesan Rujak Cingur cabe 5 aja, dan Campur.
Nah, terus terang, untuk menu yang bernama Campur ini sendiri, awalnya saya pikir nasi campur Madura, ternyata bentukannya seperti ini pemirsa...


Campur Madura
Sejenis makanan berkuah merah dari cabai dan rempah-rempah, berisi potongan daging, soun, kecambah, dan emping. Agak asing buat saya, karena baru pertama mencoba kuliner ini. Tapi menurut saya, rasanya menyegarkan. Perpaduan isi dan kuahnya cocok dinikmati dengan sepiring nasi hangat.


Rujak Cingur Madura ala Warung Nyaman Onggu

Nah, untuk rujak, karena saya suka sekali Rujak Madura, jadi selama menunggu pesanan, saya berpikir... "Seperti yang biasa saya makan nggak yaa.."
Dan ternyataa... Nggak jauh beda dengan rujak langganan kesukaan saya di Bangkalan!
Jadi, beda rujak cingur madura dengan rujak cingur surabaya / jawa, terletak di penggunaan petis. Rujak cingur madura, tidak memakai petis udang, melainkan petis ikan. Jadi jangan heran, bila warnanya lebih terang. Cita rasanyapun cenderung asin. Untuk isi, sama saja dengan rujak cingur Surabaya, hanya saja dalam Rujak Cingur Madura, ditambahkan remahan kripik yang dicampur dengan isian lain. Jadi, saat kita makan, akan ada sensasi kriuk kriuknya. Dan itu nikmat sekali! Hahay.
Untuk pelayanan, sama seperti warung pinggir jalan lainnya. Hanya menunggu pesanan sedikit lama, mungkin karena saat itu lumayan ramai.
Tempat makannya, bersih dan cukup nyaman. Ada sebuah tv kecil yang bisa ditonton sembari menunggu pesanan.

Warung Nyaman Onggu di Malang

Untuk lahan parkir roda dua, bisa diletakkan di depan warung. Untuk roda empat, karena ini letaknya di pinggir jalan, sepertinya harus mencari tempat parkir yang sedikit jauh (misalnya, masuk ke gang di seberang warung) supaya tidak menghalangi jalan.

Sepeda motor diletakkan di depan warung
Jadi gimana? Berminat mencoba kuliner Madura di Malang? Mungkin untuk anda orang Madura yang merantau di Malang dan rindu makanan kampung halaman? Atau anda yang penasaran dengan cita rasa masakan khas Madura? Warung ini bisa menjadi solusinya.
So, jangan lupa, meski berganti tahun, tetap senang, tetap sehat, tetap semangat!

Salam mamam,
K

1 comment:

  1. daripada kita harus pergi dari malang ke madura hanya untuk makan makanan madura, kalau bisa ada di malang ya lbh bagus. thanks mbak rina informasinya.

    ReplyDelete